Friday, February 24, 2012
Saat seseorang ingin memulai sebuah usaha, yang terpikir pertama kali adalah modal. Dan pertanyaan yang timbul kemudian adalah darimana modal usaha didapatkan, berapa modal yang perlu disediakan, berapa lama proses usaha berlangsung hingga mampu mengembalikan modal awal???? 
Menurut hemat saya (bukan bermaksud menggurui, ini hanya share opini saja), sebuah usaha memang membutuhkan modal, namun modal bukanlah langkah pertama untuk memulai sebuah usaha.
Berikut adalah langkah utama dalam memulai sebuah usaha atau bisnis :
1. Kemauan (Niat)
Ini adalah langkah awal dalam berusaha. Mengapa kemauan menjadi langkah pertama? Apapun yang Anda inginkan jika tidak diawali oleh sebuah kemauan, hal itu tidak akan terwujud. Semakin besar kemauan yang anda miliki, akan semakin bagus untuk Anda. Karena hal  tersebut akan menjadi motivasi (baca : "Kunci Kesuksesan") Anda. Namun jika hanya mau saja, belum cukup untuk mewujudkan keinginan Anda.
2. Lakukan (Do It)
 Langkah kedua setelah Anda memiliki kemauan yang besar adalah Laksanakan (Do It). Kemauan yang anda miliki harus ada bukti konkritnya. Laksanakanlah apa yang anda inginkan tersebut agar Anda dapat mewujudkan keinginan Anda.
3. Evaluasi
Setelah anda melakukan dan menjalankan apa yang anda inginkan, evaluasilah hasil yang telah anda jalankan untuk mengetahui tingkat keberhasilan yang telah anda capai. Semakin anda sering melaksanakan langkah ini, anda akan semakin melihat titik kekurangan dan keberhasilan dari apa yang telah anda kerjakan, Sekaligus akan sangat berpengaruh terhadap pencapaian dan kesuksesan anda kelak.
4. Pertahankan dan Tingkatkan
Pertahankanlah hasil positif yang telah anda raih. Kembangkan dan motivasi kembali diri Anda bahwa Anda mampu mencapai yang lebih baik dari apa yang telah anda capai saat ini.

Ibarat seorang yang ingin mengendarai sebuah kendaraan, orang tersebut telah memegang kunci kendaraannya. Namun kendaraan tersebut tidak akan dapat berjalan tanpa memasukkan kunci tersebut ke stop kontak kendaraan tersebut dan menstarternya serta memasukkan gigi persneling 1 (satu). Kendaraan kemudian akan berjalan, namun tidak akan berjalan dengan cepat jika orang tersebut tidak menarik tali gasnya. Hingga kemudian orang tersebut harus berhati-hati dan memperhatikan serta mematuhi segala bentuk rambu lalu lintas yang dilewatinya. 
Demikian pula kita dalam memulai sebuah usaha. Harus ada kemauan, Laksanakan kemauan tersebut, Evaluasi pencapaian Anda, dan pertahankan hasil positif yang telah anda raih.

0 comments:

About Me

Islamic-rural-banking.blogspot.com
View my complete profile
Powered by Blogger.

Followers